Home » , , , » Cara Mengetahui Blind Spot Kendaraan

Cara Mengetahui Blind Spot Kendaraan

Rearview Mirror
Kaca Spion Mobil

Titik Buta (Blind Spot) kendaraan adalah salah satu bagian dari sekeliling kita (pengemudi) yang tidak bisa terlihat ketika sedang mengemudikan kendaraan. Jangkauan penglihatannya terbatas cermin pada kaca spion. Pada kendaraan kecil seperti sedan hatchback, titik buta mobil di sebelah kiri dan kanan, namun jika pengemudi menengok ke arah tersebut masih dapat terlihat. Pada kendaraan lain titik butanya lebih banyak, karena terhalang muatan, box, peti kemas, atau karena posisi kendaraanya lebih tinggi dari yang lain seperti bis dan truk.

Letak Blind Spot

Setiap jenis kendaraan memiliki titik buta yang berbeda-beda. Semakin tinggi kendaraannya biasanya titik butanya lebih besar.

titik buta sedan
Blind spot umumnya pada kendaraan kecil seperti sedan dan SUV
Kendaraan nomor 1 dapat melihat kendaraan nomor 3 tapi tidak bisa melihat kendaraan nomor 2 melalui kaca spion karena berada di area blind spot. Kendaraan nomor 2 hanya dapat dilihat dengan menengok ke sebelah kanan yang artinya memalingkan pandangan dari depan, sangat beresiko. Area yang ditunjukan dengan huruf (a) itu sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir, saat akan belok ke kiri. Sementara area huruf (b) itu sedikit area blind spot dari sudut pandang sopir namun saat akan belok ke kanan.


titik buta truk
Blind Spot pada truk gandengan (satu container)
Truk gandengan/ trailer memiliki blind spot sangat besar. Kelemahan blind spot terbesar terutama pada saat belok dan mundur. Bagian bawah juga blind spot yang sangat besar, sepeda motor, sedan kecil ceper, atau kendaraan kecil lainnya tidak akan terlihat oleh supir truk gandengan ini.


titik buta
Blind Spot pada mobil box
Pada kendaraan dengan box, tidak mempunyai pandangan pada spion tengah sama seperti pada truk gandeng. Jadi hanya bergantung pada kaca spion di kiri dan kanan mobil. Bedanya untuk mobil box tidak terlalu tinggi, sehingga bila sopir sedikit menengok ke kiri atau kanan, masih dapat melihat mobil-mobil yang lebih rendah darinya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi atau menghilangkan pengaruh blind spot tersebut:
1. Menggunakan cermin cembung sehingga pandangan dapat lebih luas, walaupun dengan resiko mengaburkan persepsi pandangan terhadap jarak dari objek dalam spion tersebut.
2. Menggunakan beberapa cermin (tambahan spion) sekaligus.
3. Menggunakan kamera video agar dapat melihat kondisi di belakang kendaraan lebih jelas. Layarnya ditempatkan di dashboard mobil.
4. Menggunakan sensor jarak yang dapat memberikan notifikasi tertentu saat kendaraan mundur.

Sebagai pengemudi kendaraan lain, jika menghadapi truk gandengan berikut ini tipsnya:
1. Ketahui blind spot truk tersebut.
2. Bersabar saat berada di belakang truk.
3. Jaga jarak dengan truk, jangan terlalu dekat. Berikan jarak untuk cukup evakuasi jika terjadi sesuatu pada truk, jarak cukup saat dibutuhkan rem mendadak.
4. Kaca spion truk biasanya sangat besar, anda dapat melihatnya. Jika anda dapat melihat pengemudi truk tersebut, kemungkinan dia juga dapat melihat anda.
5. Saat menyalip, pastikan anda tidak memotong jalur yang sedang dipakai truk. Berikan jarak yang luas agar sopir truk dapat melihat anda akan kembali ke jalur semula setelah menyalip truk tersebut.
6. Gunakan klakson agar sopir truk mengetahui posisi anda.


Sumber:
http://pages.cs.wisc.edu/~gdguo/driving/BlindSpot.htm
https://id.wikipedia.org/wiki/Titik_buta

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

1 comments:

Translate to Your Language