Home » , , » TIPS Berpakaian Saat Mudik Lebaran

TIPS Berpakaian Saat Mudik Lebaran

Posted by Guidance and Tips on Jumat, 02 Juni 2017

mudik
Travelling aman nyaman

Mudik yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan, tentu menjadi dambaan semua orang yang melakukan perjalanan mudik. Bagi anda yang memilih untuk mudik menggunakan alat transportasi umum, tentu anda harus melakukan persiapan matang. Salah satunya adalah persiapan pakaian yang tepat digunakan saat mudik.

Anda akan berada di perjalanan sampai berjam-jam atau berhari-hari jika tujuan mudiknya ke remote area, alias jauh dari peradaban :D. Siap-siap berbaur dengan asap rokok, asap kendaraan, debu dan bau keringat. Belum lagi badan yang terasa lengket, muka kusam, wajah berminyak, karena tidak mandi.

Nah berikut ini beberapa tips berpakaian untuk mudik agar nyaman, aman, menyenangkan, dan tentunya tetap enak dilihat.

Simak juga artikel ini: TIPS Menghindari Kecelakaan Saat Mudik


1. Jangan Memakai Pakaian Berikut ini

Pakaian yang Ketat

Jangan memakai pakaian yang ketat, baik itu baju bagian atas ataupun bagian bawah. Pakaian yang ketat akan membuat anda sendiri tidak nyaman, karena pandangan orang-orang di sekeliling anda. Apalagi jika anda seorang wanita. Pakaian ketat juga meningkatkan resiko terjadi kejahatan atau pelecehen terhadap yang memakainya.

Skinny jeans dan legging anda yang cetar sebaiknya tidak dipakai untuk mudik. Skinny jeans akan membuat anda lebih cepat berkeringat, aliran darah tidak sempurna sehingga cepat lelah. Selain itu, anda akan kesulitan jika anda harus menggunakan toilet umum.


Rok Mini atau Celana Pendek

Jangan memakai rok mini. Sesungguhnya jika anda memakai rok mini saat mudik hanya akan membuat diri anda sendiri tidak nyaman. Pandangan orang-orang akan tertuju pada rok mini yang anda kenakan. Resiko terjadi pelecehan akan lebih besar jika anda memakai rok mini. Lagipula anda bukan akan pergi ke pesta ataupun pergi bekerja, sebaiknya buang jauh-jauh pikiran memakai rok mini saat mudik.

Ada lagi model celana yang mengundang 'pandangan' seperti celana pendek dan hot pants. Baik laki-laki ataupun wanita, sebaiknya tidak menggunakan celana pendek dan hot pants untuk mudik, demi kenyamanan dan keamanan anda sendiri di perjalanan. Terkadang ada juga yang memakaikan rok mini, hot pants ke anak kecil, sungguh orang tua yang tega yang memakaikan anaknya pakaian seperti ini.


Pakaian Transparan

Pakaian transparan akan memperlihatkan bagian dalam tubuh anda. Transparan di bagian depan, belakang, atas, bawah atau di bagian manapun, tidak tepat jika anda pakai untuk mudik. Selain akan menimbulkan pandangan-pandangan juga berpotensi memunculkan aksi kejahatan/ pelecehan. Ajaibnya ada saja orang yang memakai pakaian transparan untuk mudik. Kadang transparan di bagian atas dada atau punggung atau perut.


Aksesoris yang Berlebihan

Boleh saja pakai aksesoris termasuk perhiasan agar tetap modis, tapi sebaiknya tidak berlebihan. Untuk perhiasan sebaiknya hanya salah satu cincin/ anting/ kalung, jangan semuanya dipakai. Jika perhiasan dari logam mulia sebaiknya tidak dipakai agar tidak hilang. Banyak copet/ penodong berkeliaran saat mudik, anda tetap harus berhati-hati.


2. Pilih Pakaian Berikut ini

Pakaian yang Cukup dan Wajar

Baju kaos yang longgar atau pas di badan sewajarnya. Celana panjang juga yang sedikit longgar wajar, bukan yang kebesaran bukan juga yang menempel ketat di kulit seperti skinny jeans dan legging. Ingat anda akan menempuh perjalanan jauh, jadi sebaiknya pakai pakaian yang memberikan kenyamanan untuk tubuh anda, cukup ruang untuk keluar masuk udara.


Bawa Pakaian Pelapis bagian luar

Pakaian pelapis luar seperti jaket, sweater, rompi, atau kardigan. Anda dapat memakainya saat keluar dari kendaraan saat perjalanan malam, atau di dalam kendaraan ber-AC saat perjalanan siang, juga saat di terminal. Cuaca sekarang tidak dapat diprediksi apakah akan hujan atau panas, jadi sebaiknya bawa jaket/ sweater/ rompi/ kardigan yang ringan namun tetap dapat menghangatkan tubuh.


Pilih Bahan Pakaian yang Sesuai

Bahan pakaian yang sesuai untuk mudik adalah yang nyaman saat menempel di kulit, artinya jangan memakai yang berenda-renda yang kadang bikin gatal. Bahan yang menyerap keringat seperti kaos berbahan katun yang dingin sangat tepat, agar mengurangi resiko bau badan berlebih. Pilih juga bahan yang tidak mudah kusut, agar penampilan anda tetap maksimal walaupun bau badan sudah tidak karuan karena belum mandi selama 2 hari perjalanan.


Pakai Aksesoris Sewajarnya

Tidak perlu memakai perhiasan berharga, cukup perhiasan yang mempercantik penampilan saja, terutama untuk para wanita. Cantik namun jauhkan kesan glamor dan mewah untuk meminimalisir resiko terjadinya kejahatan. Bagi para wanita tidak perlu make up cetar, cukup bedakan seperlunya, body lotion seperlunya, dan lip gloss sekedar agar bibir tidak kering.

Salah satu aksesoris yang perlu dipertimbangkan adalah topi yang nyaman. Memakai topi akan melindungi kepala dari sinar matahari, menyamarkan wajah, menutup botak sebelah, dan memberikan rasa aman. Jika tidak repot anda dapat memakai kacamata anti UV untuk dipakai saat siang hari. Kacamata hitam yang dipakai saat panas terik siang hari dapat sedikit memberikan rasa 'adem'.

Alas Kaki yang Nyaman

Pakailah alas kaki yang nyaman, seperti sepatu kets cocok dipakai saat mudik. Sebaiknya jangan memakai sendal jepit karena tidak dapat melindungi kaki anda dari panas, debu dan segala macam kotoran. Bagi para wanita sebaiknya jangan memakai alas kaki yang membuat tumit anda lebih tinggi, seperti sepatu ber-hak tinggi ataupun wedges, karena kaki anda akan lebih cepat lelah. Ingat medan yang anda akan tempuh itu bukan jalanan marmer ataupun jalan berkarpet, bukan juga catwalk.

Pilihan terbaik untuk berpakaian saat mudik adalah perpaduan kaos/ T-shirt dengan jaket dan celana jeans, cocok dipakai oleh laki-laki ataupun wanita. Pilihan lain adalah memakai kaos dalam kemudian dilapisi kemeja bercorak untuk sedikit menyamarkan kusut. Sementara itu untuk celana, selain jeans, pilihan lain adalah celana kargo panjang ataupun celana tactical dengan banyak kantong. Corak atau motif disesuaikan dengan selera masing-masing.

Thanks for reading & sharing Guidance and Tips

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Translate to Your Language